kripik Nangka

  • warning: Parameter 1 to phptemplate_node_submitted() expected to be a reference, value given in /var/www/html/epetanibaru/includes/theme.inc on line 669.
  • warning: Parameter 1 to phptemplate_comment_submitted() expected to be a reference, value given in /var/www/html/epetanibaru/includes/theme.inc on line 669.

Salam hormat teman-teman, Bagamana cara pembuatan kripik Nangka yang mudah dilakukan, Tanks atas jawabannya

Comments

Judul: Teknologi Pembuatan

Judul: Teknologi Pembuatan Keripik Nangka

Kesesuaian Inovasi/karakteristik inovasi:

      Buah nangka sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.  Pemanfaatan buah ini sebagian besar dikonsumsi segar (buah matang), sebagian lagi dibuat sayur dan diolah dalam berbagai bentuk olahan makanan dan minuman.

      Sebagai salah satu jenis buah-buahan tropis nangka masih berpotensi untuk dikembangkan.  Hal ini terutama didukung oleh permintaan pasar luar negeri terhadap buah-buahan tropis (termasuk nagka) yang cenderung meningkat, baik dalam bentuk segar maupun produk olahan.  Dalam rangka meningkatkan daya saing komoditas nangka Indonesia dipasaran adalah dengan melakukan penganekaragaman produk olahan nangka, salah satunya keripik nangka.

      Keripik nangka dibuat melalui proses penggorengan, untuk mendapatkan keripik nangka dengan kualitas yang baik sesuai dengan standar mutu sebaiknya menggunakan teknik penggorengan dengan vaccum frying.

      Pada pembuatan keripik nangka ini adapun alat-alat dan bahan yang dipergunakan adalah: Buah nangka yang masih mengkal, satu paket penggorengan vaccum frying.

Keunggulan/nilai tambah inovasi :

      Keunggulan keripik yang dihasilkan dengan cara penggorengan vaccum adalah:

  1. Memiliki rasa dan aroma yang khas seperti buah aslinya.
  2. Warna keripik seperti warna buah aslinya.
  3. Gizi tidak rusak karena diproses dengan suhu rendah
  4. Tanpa Bahan Pengawet
  5. Tanpa Zat pewaran
  6. Tidak mengandung bahan kimia sintetis
  7. Tanpa penambah rasa buatan
  8. Memiliki tekstur yang renyah
  9. Tahan lama dan tidak mudah tengik
  10. Termasuk kategori makanan sehat (healthy food)

 

Uraian inovasi :

      Vaccum frying dipergunakan untuk menggoreng/mengolah berbagai bahan (aneka buah) menjadi keripik secara vaccum (tekanan tinggi) sehingga hasil olahan matang merata.  Alat ini dilengkapi dengan penirisan minyak secara sentrifuse yang berfungsi untuk mengurangi kadar minyak hasil gorengan.

      Penggorengan vakum umumnya digunakan untuk mengeringkan buah yang berkadar air tinggi dan beraroma khas.  Penggorengan ini dilakukan dengan menggunakan suhu 850 C selama 1-2 jam. Bahan pangan atau sayuran yang digoreng dengan metode vaccum frying akan dihasilkan produk dengan kandungan zat gizi seperti protein, lemak dan vitamin yang tetap terjaga. Systim penggorengan vaccum frying menggunakan tekanan minimum sehingga suhu pemanasan menjadi rendah.  Perlakuan suhu rendah ini tidak akan merusak struktur kimia dan sifat bahan.  Selain itu, penggunaan vaccum frying menghasilkan keripik yang renyah dan tahan lama, aroma khas, serta warna yang menarik. 
 

Cara penggunaan inovasi:

      Cara penggunaaan Vaccum Frying sangat mudah dan tidak sulit, kita siapkan buah nagka yang akan dibuat keripik, kemudian kita bersihkan (pengupasan kulit dan pelepasan dari jerami),  Kemudian di buang bijinya cuci dan bilas buah nangka lalu tiriskan. Masukkan nangka kedalam penggorengan vaccum, kemudian kita atur suhu penggorengan, dan goreng selama 1 jam. Setelah itu angkat dan keringkan dengan mesin pengering (sentrifuse) sehingga keripik betul-betul kering dan renyah, lamanya pengeringan ą 5 menit. Selanjutnya keripik nangka dikemas dalam kemasan plastik dan ditutup dengan sealer.

Foto berwarna/ desain bagan:
 
 
    

Pengupasan buah
 

                                Pemisahan daging buah dari dami
 

                                 Pemisahan buah dari biji
 

                               Pencucian dengan air bersih
 

                                       Pemotongan buah 
 

                                         Penggorengan

                                   dengan vacuum frying

                                          selama 2 jam
 
 

                                     Pengeringan keripik

                                 dengan sistem sentrifuse

                                           selama 1 menit
 

  Pengemasan                                             
 
 
 
 
 
 
 
 

                 Gambar 1. Bagan Pembuatan Keripik Nangka
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Gamgar 2. Vaccum Frying
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

                                                             Gambar 3. Keripik Nangka